Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang program pembelajaran literasi dalam kurikulum merdeka belajar di TK Kemala Bhayangkari 1 Palembang. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Kemudian data yang sudah didapatkan dari lapangan dilakukan reduksi data, dengan bentuk penyajian data berupa uraian yang jelas dan singkat, serta penarikan kesimpulan data melalui teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, guru kelas, peserta didik kelompok B1 yang ada di TK Kemala Bhayangkari 1 Palembang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran literasi yang ada di TK Kemala Bhayangkari 1 Palembang sudah berjalan dengan baik diperlihatkan dengan adanya program yang dilaksanakan yang ada di lembaga tersebut yang dimulai dari perencanaan mendesain kelas menyediakan pojok baca hingga poster yang mampu meningkatkan literasi pada anak, pelaksanaan hingga evaluasi sehingga literasi yang ada pada anak yang ada di TK Kemala Bhayangjari 1 Palembang sudah berjalan optimal. Dampak  pengkajian  artikel  ini  dapat  membantu  pendidik atau pihak sekolah dalam meningkatkan literasi pada anak usia dini sehingga program pembelajaran sangat  cocok  digunakan  untuk  mengembangkan  kemampuan  literasi anak  usia  dini terutama dalam kemampuan membaca maupun menulis.

Keywords

Pembelajaran Literasi Kurikulum Merdeka

Article Details